Menjadi Mahasiswa Ideal

Posted: September 27, 2014 in Kemahasiswaan
Tag:

Mahasiswa merupakan orang-orang yang dibanggakan dan dihormati oleh masyarakat. Hal ini mungkin karena mahasiswa mempunyai tingkat intelektual yang tinggi dan dianggap memiliki peran penting terhadap Agama, Keluarga, Nusa dan Bangsa, sehingga diharapkan mahasiswa dapat menjadi mahasiswa ideal yang dapat menjadi aset-aset penerus bangsa.

Tetapi apakah mahasiswa saat ini masih bisa diandalkan untuk menjadi mahasiswa ideal penerus bangsa? Sedangakan mahasiswa saat ini mulai mengalami pergeseran nilai dan tujuan. Mahasiswa banyak yang menganggap bahwa kuliah itu yang penting lulus dengan IPK yang bagus dan cepat mendapatkan pekerjaan. Meskipun begitu, mahasiswa tetaplah yang menjadi andalan masyarakat luas untuk menjadi penerus bangsa, yang akan membawa kesejahteraan bagi Agama, Keluarga, Nusa dan Bangsa. Untuk itu mahasiswa sudah seharusnya menjalankan amanah menjadi seorang penerus bangsa. Lalu bagaimana seorang mahasiswa bisa menjadi seorang mahasiswa ideal yang dapat menjadi penerus bangsa?
Mahasiswa ideal adalah mahasiswa yang dapat menyadari, memahami, dan menjalankan peran yang diberikan kepada mereka dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah cirri-ciri mahasiswa yang ideal:

  1. Memiliki wawasan yang luas

Mahasiswa ideal diharuskan memiliki wawasan yang luas. Wawasan ini tidak hanya didapatkan saat perkuliahan tetapi juga didapat dari, Organisasi, Unit Kegiatan Mahasiswa

(UKM), dan juga lingkungan sekitar.

  1. Mampu membagi waktu

Seorang mahasiswa diharapkan mampu untuk membagi waktunya, baik untuk perkuliahan, mengerjakan tugas kuliah, organisasi, refreshing dan lain-lain. Mahasiswa yang dapat membagi waktunya dengan baik kelak akan mejadi mahasiswa ideal.

  1. Pintar, rajin dan aktif

Pintar, rajin dan aktif adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa ideal. Pintar yang dimaksudkan adalah pintar dalam hal mengkondisikan diri dengan sekitarnya. Rajin berarti mengikuti kegiatan yang dipilihnya dengan rajin dan senang hati. Aktif yaitu turut serta dalam kegiatan-kegiatan positif universitas.

  1. Pintar berdiskusi

Tidak hanya mahasiswa ideal, semua mahasiswa harus mempunyai sikap kritis, sehingga dengan sikap kritis tersebut mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan diskusi. Kemampuan berdiskusi akan sangat berguna bagi kehidupan bermasyarakat nantinya.

Oleh: Achmad Buchori S.P. / Mahasiswa FAI 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s