Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM); Ekstrakurikuler Mahasiswa

Posted: September 28, 2014 in Kemahasiswaan
Tag:

Selamat datang mahasiswa baru, selamat buat kamu yang sudah jadi mahasiswa. Akhirnya jadi mahasiswa juga, yaa..😀 Tentunya banyak hal yang perlu disiapkan untuk belajar di kampus, mulai dari tes masuk, ospek, sampai mencari tempat tinggal (khusus buat yang rumahnya jauh dari kampus). Mungkin belum semuanya cocokSabtu, 29 Agustus 2014 dengan teman baru dan lingkungan baru. Beberapa ada yang sudah membiasakan diri dan mencari wadah untuk menyalurkan bakat dan hobi yang teman-teman miliki. Yang pasti, sebagai mahasiswa harus lebih banyak bergerak melebihi siswa.

Label mahasiswa menuntut kita untuk proaktif menambah pengetahuan dan pengalaman. Berarti bukan sekedar di ruang kelas saja tetapi juga di berbagai kegiatan mahasiswa lain yang positif. Kalau di tingkat SMP-SMA atau sederajat ada kegiatan ekstrakurikuler atau sering dikenal dengan ekskul, seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), pramuka, KIR.

Berbeda dengan tingkatan siswa, mahasiswa memiliki lapangan yang lebih luas untuk berkreasi. Karena itu organisasi mahasiswa dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, organisasi internal kampus dan eksternal kampus. Organisasi internal kampus adalah sebutan untuk organisasi yang dibawahi oleh universitas. Organisasi internal ini memungkinkan mahasiswa saling mengenal lintas kelas, jurusan, bahkan fakultas. Karena dalam naungan universitas, pelaksanaan kegiatannya harus melalui prosedur yang sesuai dengan kebijakan kampus. Sedangkan organisasi eksternal kampus berkiprah secara independen, tanpa campur tangan universitas. Karena itu lapangan aktifitasnya lebih luas, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk saling mengenal lintas universitas

Semua bentuk organisasi mahasiswa bisa jadi ajang untuk mengetahui seberapa baik kita bisa memimpin dan dipimpin orang lain. Di kampus, ada beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat mewadahi semua kreativitas dan hobi setiap mahasiswanya. Singkatnya, UKM sebagai organisasi internal dapat melatih soft skill kita, yaitu kemampuan lain dalam diri kita yang hampir tidak bisa kita dapatkan di dalam kelas nanti. Maka, tidak semua orang bisa meningkatkan soft skill-nya. Padahal soft skill sangat dibutuhkan untuk menghadapi masyarakat terutama dalam berkarir nanti.

Nah, di UMS ada banyak Unit Kegiatan (UKM) dengan serangkaian acara yang beraneka macam. Tentunya ini akan membantu teman-teman untuk menemukan teman baru lintas jurusan, bahkan lintas fakultas.

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa dan ikatan mahasiswa muhammadiyah (IMM) baik ditingkat universitas dan universitas. selain BEM dan DPM ada pula Himpunan Mahasiswa jurusan yaitu organisasi khusus jurusanya saja, misal HMP Kesmas, maka anggotanya juga khusus mahasiswa kesmas. dan ini disetiap jurusan ada.
  2. UKM Lembaga Pers Mahasiswa, yaitu ukm yang mewadahi mahasiswa dibidang jurnalistik dan hal-hal yang berhubungan dengan pers, ukm ini juga ada ditingkat universitas dan fakultas. ukm yang ada ditingkat universitas yaitu LPM PABELA dengan bahasa pengantarnya bahasa indonesia, LPM CAMPUS , ini adalah LPM berbahasa inggris, selain itu juga ada yang berbahasa arab yaitu LPM AR-rasail. sedangkan LPM yang ada ditingkat fakultas yaitu LPM IBUSIA untuk fakultas ilmu kesehatan, LPM ISLAMIKA (Fakultas agama isalam), LPM NATURAL (fakultas farmasi), LPM mainstro (fakultas kedokteran),
  3. UKM pencinta alam: ukm ini juga ada di ditingkat universitas dan fakultas, misalnya Himapala Untuk fakultas agama islam. Malimpa ditingkat universitas dan lain-lain
  4. UKM bidang seni: Tingkat universitas yaitu USF (unit kegiatan seni dan film), tingkat fakultas yaitu wejang, wansonomi paduan suara al-kindi, marrching band dll.
  5. UKM olah raga dan bela diri: yaitu unit kegiatan yang khusus dibidang olah raga, bagi kamu yang hobi basket maka kalian bisa gabung di UKM bola basket atau sepak bola bagi kamu yang suka sepak bola dll, sedang untuk yang beladiri seperti pencak silat, karate, taekwondoLemkari juga ada UKM nya.
  6. UKM bidang kesejahteraan dan kerohanian: yaitu ukm yang menampung teman-teman dibidang kesejahteraan seperti koperasi. nah kalian bisa gabung di KOPMA. bagi teman-teman yang passion dibidang keagamaan bisa ikut ke ukm lembaga dakwah kampus, mentoring dll.
  7. UKM bidang khusus: seperti RACANA, PRAMUKA, HIZBUL WATHAN,DLL.
  8. UKM bidang penalaran: ukm penelitian, ukm bimbingan bahasa asing MUEC, UKM debat bahasa inggris Muhmmadiyah englist debating sosiaty (MEDS) dll

sebenarnya masih banyak lagi UKM yang yang ada di UMS, silahkan teman-teman mahasiswa baru pilih salah satu atau salah dua untuk mengasah soft skill teman-teman. ada tiga pilihan buat kalian mahasiswa baru, kalian akan masuk dalam kategori yang mana dari kedua kategori ini, yang pertama yaitu mahasiswa yang aktivitasnya kuliah, pulang kost, maen dan begitu seterusnya atau yang kedua kuliah,rapat baru pulang istirahat. pilihan ada ditangan kalian pilih jadi mahasiswa yang aktif dan banyak prestasi atau jadi mahasiswa pasif yang hanya sibuk diruang kelas, kost dan bermain.

Oleh: Yeni Indiyani, Mahasiswa FIK 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s