About AD I

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah sebuah organisasi mahasiswa yang menghimpun mahasiswa muslim yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Lafran Pane pada hari Rabu tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H, bertepatan dengan 5 Februari 1947 di Sekolah Tinggi Islam (STI) atau sekarang Universitas Islam Indonesia (UII). (Baca: Sejarah HMI)

Pada awal berdiri, organisasi ini, memiliki tujuan: (1) Mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia, dan (2) Menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam. Seiring berjalanya waktu tujuan HMI yang tertuang dalam pasal 4 AD adalah “Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang Bernafaskan Isalam dan Bertanggung Jawab Atas Terwujudnya Masyarakat Adil Makmur yang Diridhoi Allah SWT.

Komisariat Ahmad Dahlan I merupakan komisariat yang berada di bawah naungan HMI Cabang Sukoharjo semenjak terjadinya pemekaran antara HMI Cabang Sukoharjo dari HMI Cabang Surakarta pada tahun 1999. Ahmad Dahlan I sendiri merupakan komisariat dari hasil pemekaran komisariat Ahmad Dahlan (AD) yang mekar menjadi AD I dan AD II (tahun pemekaran kurang lebih tahun 1994, meruntut hasil RAK IV AD I pada tahun 1998).

AD I yang berada dilingkungan UMS menaungi 4 Fakultas yakni Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Farmasi (FF) UMS, sebelumnya fakultas Farmasi berada di naungan komisariat PSIKOFAR, namun sejak dibekukan komisarita ini, kemudian FF masuk kedalam naungan AD I dan Psikologi masuk ke dalam naungan AD II. (baca: LPJ Cabang Periode 2008-2009).

Komentar
  1. ANDI ARIF mengatakan:

    assalamualaikum wr wb
    ka’ saya mahasiswa unismuh dan setau saya di unismuh kan HMI tidak di legalkan namun saya mau bergabung kira” bagaimana caranya
    nama : andi arif
    ( maaf ini saya pake facebook adikq)
    mohon konfirmasinya
    CP : 085696226670

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s